Kamis, April 25, 2024
BerandaOTOMOTIFAwas, Salah Memilih Oli Bisa Membuat Mesin Anda Boros Bensin

Awas, Salah Memilih Oli Bisa Membuat Mesin Anda Boros Bensin

Salah Memilih Oli Bisa Membuat Mesin Anda Boros Bensin

Otoriders.com – Hay sobat, Naiknya harga BBM baik subsidi maupun nonsubsidi membuat pengendara kesulitan menghemat BBM.

Bagi pengguna sepeda motor, salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah memperhatikan penggunaan oli.

Salah Memilih Oli

Sebab, jelas salah memilih oli akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros dan akhirnya menambah pengeluaran Anda.

“Memilih oli jangan hanya dilihat dari tingkat kekentalan olinya. Lihat juga nama olinya itu bedanya,” ujar Roy Darmaputra, Direktur Utama PT. Asia Tranzmark Racing (ATR) sebagai distributor resmi Oli Ipone di Indonesia (16/9/2022).

Menurutnya, masih banyak orang yang menyamakan minyak empat langkah. Meski jenis sport dan matic berbeda, namun kekentalan atau kekentalannya sama.

“Di Ipone ada oli untuk motor sport yang konsistensinya 10W-40. Untuk matik, kita punya Ipone Scoot 4 yang konsistensinya juga 10W-40. Ini jangan disamakan dengan kegunaannya,” ujar Roy.

Salah Memilih Oli

Meski tingkat kekentalannya sama, namun kedua oli tersebut mengandung aditif yang berbeda, sehingga tidak akan bekerja maksimal jika tidak digunakan sesuai ketentuan, tambahnya.

“Oli mobil cenderung lebih licin daripada oli sport. Ini karena kopling pada motor matic tidak terendam oli. Selain itu, oli sport sedikit lebih keras sehingga kopling bisa mendapatkan cengkeraman terbaik,” ujar Roy.

“Bila oli mesin sepeda motor matic digunakan pada motor sport maka akan menyebabkan kopling selip sehingga mengakibatkan tenaga berkurang dan konsumsi bahan bakar lebih boros. Demikian pula oli mesin motor sport jika digunakan pada mesin motor matic akan membuat kinerjanya kurang maksimal,” katanya.

Oleh karena itu, untuk performa dan keiritan yang optimal, Roy merekomendasikan penggunaan oli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor.

Baca Juga :   Mau Kredit Honda BeAT? apa yang harus disiapkan

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments